Rabu, 18 November 2009

Perkembangan Bisnis Percetakan di Indonesia

Pada prakteknya, Bisnis Percetakan mencakup area bisnis yang cukup luas aspeknya, seperti: Graphic Design, SABLON DIGITAL, Screen Printing alias Sablon Manual, DIGITAL PRINTING, Media Cetak, Printing Chemical, Garment (Textile), dll. Oleh karena itu, Bisnis Percetakan tidak akan pernah mati, hanya mungkin sesekali "jalan ditempat" pada keadaan tertentu saja. Sepanjang umat manusia masih ada, disitulah terbuka lebar peluang usaha percetakan dan segala cara bisnis percetakan yang menyertainya.

Jarang terjadi, bisnis usaha percetakan bangkrut karena kekurangan order cetak. Kalau ini sampai terjadi, berarti sang pengelola bisnis percetakan tersebut mungkin saja mismanagement dalam penerapan cara bisnis-nya, tidak ada customer's satisfaction-nya, strategi marketing yang tidak tepat, tidak uptodate pada teknologi dan informasi, dsb...

Dewasa ini, Bisnis Percetakan makin dipermudah eksistensinya, baik itu dari segi teknologi cetak dan operasionalisasinya, Toko Kertas yang banyak tersedia, sumber daya manusia, printing research and development (R&D), diversifikasi usaha percetakan, sampai pada ketersediaan informasinya yang banyak bertebaran di dunia internet.

Semakin membaiknya keadaan ekonomi global, semakin mempertinggi daya beli masyarakat Indonesia belakangan ini. Dan hal ini tentunya berimbas pada semakin tingginya permintaan atas barang-barang cetakan dan alat promosi - Marketing Tools - pada lingkup bisnis percetakan.

Seperti pada situasi dan kondisi penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) ataupun Pemilu Presiden (Pilpres), barang cetakan yang menjadi primadona adalah hasil produk dari Digital Printing, contohnya: Banner, X-Banner, Roll Banner, dll.

Dari kalangan industri sablon manual pun tidak kalah kebanjiran order cetak untuk membuat sablon kaos pilkada, umbul-umbul, spanduk atau bendera parpol.

Kalau bicara sablon kaos, tentunya industri garment ikut terangkat rezekinya. Berapa banyak kaos pilkada yang berhasil digarap dengan sablon manual atau juga menggunakan mesin sablon rotary screen printing? Berapa besar omzet yang berputar di sektor industri tekstil ini? Berapa banyak tenaga kerja yang berhasil diserap oleh bisnis percetakan sablon manual, sablon digital dan industri lain yang mendukungnya?

Dari sekian banyak cara bisnis percetakan yang tidak mengurusi sektor produksi barang cetakan, tetapi mempunyai peran yang amat menentukan pada hasil akhir barang cetakan adalah sektor Pre-printing. Pada tahap pra-cetak ini, jasa layanan Desain Grafis berikut output film separasi warna (Repro), menempati posisi top level. Mengapa begitu penting? Karena disinilah sebenarnya dimulainya proses percetakan.

Boleh saja anda cermat berhitung untuk kalkulasi harga cetak. Tapi disini bisa ditentukan lagi tingkat efisiensi dan rendahnya biaya produksi cetak. Lewat proses desain grafis yang cemerlang dan pernuh perhitungan, bisa dimungkinkan suatu desain cetak direncanakan atau direvisi ulang agar menjadi lebih murah biaya atau ongkos produksi cetaknya.

Dengan tehnik, sentuhan dan pendekatan desain grafis tertentu, desain cetak bisa disulap menjadi suatu karya yang artistik dengan minim biaya cetak. Proses desain grafis ini tentunya harus pula mendapat persetujuan dari sang pemesan atau client anda.

Tapi bila anda sudah mahir bermain di area Graphic Design ini dan mengerti banyak mengenai tipe2 mesin cetak offset juga proses cetak lainnya, tentu tidak usah khawatir dengan antara memilih harga cetak yang minim atau lebih mengutamakan fullcolor graphic design art.

Itu baru sebagian kecil efek domino yang terjadi di dunia bisnis percetakan. Setiap aspek di sektor usaha percetakan berhasil mendapatkan transaksi bisnis, aspek di bagian lainnya pasti terkena efek dominonya alias kecipratan rezeki.

Nah, kembali ke prospek Bisnis Percetakan Indonesia di masa kini dan trend perkembangannya di waktu mendatang, bisa dipastikan akan semakin maju dan ramai. Apa alasannya? Yang pasti, selama masih ada kegiatan usaha bisnis yang dilakukan oleh manusia, disitulah ada peluang untuk mencari dan memperoleh order cetak. Tidak ada kegiatan bisnis dan usaha promosi yang terjadi yang tidak menggunakan jasa ataupun produk percetakan.

Peluang bisnis percetakan ada sepanjang masa. Kapan saja bisa dimulai, dengan modal usaha yang besar ataupun modal minim, bahkan dengan metode bisnis percetakan tanpa modal pun bisa terlaksana!

Selanjutnya, kemajuan Bisnis Percetakan di Indonesia di era globalisasi ini tentu akan semakin pesat perkembangannya. Informasi bisnis dan teknologi cetak akan mengalir deras tanpa dapat dihalangi. Tidak ada batas geografis, tiada lagi batas ruang dan waktu yang dapat menghentikan alih teknologi cetak saat ini. Mesin Percetakan apa pun yang dipakai di negara maju seperti Jerman, Jepang atau Amerika, sama juga digunakan oleh para pelaku bisnis percetakan di Indonesia. Teknologi cetak dengan mudah bisa ditransfer, mesin percetakan juga dengan mudah dibeli dan dipelajari disini. Bahkan beberapa produsen mesin cetak offset terkemuka kelas dunia, seperti Heidelberg telah membuka perwakilannya di Indonesia, untuk lebih memuluskan bisnis penjualan produk mesin cetak offset-nya disini. (www.chabelita.biz)

2 komentar:

  1. Kepada Yth,

    Perusahaan Contractor & Supplier Pemerintah BUMN & Swasta
    Up : Pimpinan / Finance Dept

    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan ( Non Collateral )



    Dengan Hormat,



    Perkenalkan kami dari PT. AWAT MATA PUTRA (Insurance Brokerage) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi, Surety Bond & Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun) dengan Sertifikat Agen Nomor : 01.210415.01.00.001433.0101 AAUI - SIUP Nomor : 812000694298. bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Terlampir file penawaran penerbitan jaminan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan (Non Collateral) , Proses Cepat dan Biaya Kompetitif Murah serta polis jaminan kami Antar :

    Adapun rate Bank Garansi dan Surety Bond (Asuransi) adalah sebagai berikut :

    1. JaminanPenawaran /Bid Bond

    2. JaminanPelaksanaan /performance Bond

    3. Jaminan UangMuka /Advance Payment Bond

    4. JaminanPemeliharaan /Maintenance Bond

    5. jaminan SP2D/Pembayaran

    6. ConstructionAll Risk (CAR)

    7. Konstruksi& Rekayasa / Construction & Engineering

    8. Hukum/Casualty

    9. Angkutan Barang /Cargo

    10. Rangkakapal/Marine Hull. Dll
    Kami Juga Bisa Proses Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun Tanpa Colateral / Tanpa Agunan)






    Best Regards,

    LEO ALIF MAHENDRA




    Marketing

    085273029858

    PT. AWAT MATA PUTRA (ADM)

    Jl.Kalibata Selatan 1 No.19A, Kalibata Jakarta Selatan

    Telephone : (021) 21279926,21279945 (hunting)

    Faximile : (021) 21279442


    BalasHapus